Kamis, 07 Oktober 2010

Evolusi Komputer

Evolusi Komputer


Teknologi pada abad sekarang sangatlah canggih dan praktis seperti halnya komputer, komputer yang sekarang kita kenal bahkan kita gunakan ini telah berevolusi dari generasi pertama yg menggunakan Vacuum Tubes, kemudian dilanjutkan oleh generasi kedua yang menggunakan Transistor-transistor, seterunya disusul oleh generasi ketiga yg menggantikan transistor dengan IC dan akhirnya digantikan oleh generasi terakhir yang menggunakan VLSI.

Komputer general-purpose yang paling pertama sekali, yang dikenal dengan nama ENIAC (elektronik numerikal integerator and komputer ), dimana belum dirancang dengan "stored program" sehingga untuk memprogram komputer ini, si programmer harus secara manual menghidupkan atau mematikan switch-switch tertentu yang jumlahnya begitu banyak. Pekerjaan programming ini menjadi begitu membosankan sehingga akhirnya muncul gagasan atau ide untuk menyimpan program di dalam memory bersama dengan data. Ide ini kemudian dikenal dengan "stored program" ide ini dipopulerkan oleh John von Neumann,seiring waktu berjalan John von Neumann bersama rekan-rekannya mulai merancang IAS computer yang kemudian menjadi prototipe dari segala komputer general purpose.

General Purpose komputer memiliki 4 komponen utama yaitu:
- Main memory: berfungsi untuk menyimpan data dan instruksi
- ALU (Arithmetic Logic Unit): digunakan untuk melakukan operasi aritmatika
- Control Unit: menginterpretasikan instruksi di memory dan menjalankannya
- I/O (input output): perangkat yang dioperasikan oleh control unit


Seiring waktu berjalan evolusi komputer dari generasi ke generasi bisa kita lihat jejaknya pada peningkatan kecepatan processor, pengurangan ukuran komponen, peningkatan kapasitas memory dan peningkatan kecepatan dan kapasitas I/O. Tidak hanya itu design komputer pun sangat jauh berkembang.

Mechanical Compute
Di awali oleh Blaise Pascal memulai dengan menciptakan mesin hitung pada 1642 (penamaan bahasa pemrograman Pascal muncul dari sini). Kemudian sekitar 1820-an Charles Babbage menciptakan mesin analisis, dimana mesin tersebut memiliki memori, unit komputasi, serta input/output unit. Pada saat itu Ada Lovelace bekerja untuknya dan disebut sebagai Programmer pertama di dunia (nama bahasa pemrograman Ada digunakan untuk menghargainya). Dari tahun ke tahun model mesin Babbage terus dikembangkan . Collosus, komputer pertama di dunia, yang dikembangkan oleh Alan Turing (seorang matematikawan).
ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer)
Mauchley dan Eckert mengembangkan design ENIAC awalnya bertujuan untuk melakukan kalkulasi di sebuah lab bernama Army Ballistic Laboratory. Mesin itu sendiri mampu mengeksekusi 5000 kalkulasi per detik. Komputer atau mesin dengan bobot 30 ton ini menggunakan tabung udara sebagai elemen dasarnya. Tugas pertamanya ialah membantu mendesain H-Bomb. banyak orang di dunia mengenal ENIAC sebagai komputer pertama di dunia.

Mesin von Neumann
IAS (1952) adalah salah satu komputer yang di ciptakan oleh Mauchley dan Eckert yang memiliki beberapa komponen-komponen dasar dimana kompoen ini di gunakan pada mesin komputer-komuter saat ini. Komponen diantaranya memori utama (menyimpan data dan instruksi-intruksi), ALU (berfungsi untuk pemerosesan data), control unit, serta input/output device. IAS memiliki kapasitas 1000 memori dengan 40 bit masing-masingnya.

Komputer Masa Pra-transistor
Pada tahun 1947 Mauchley dan Eckert mengembangkan kompter dengan menciptakan mesin komputer yang dinamai UNIVAC I, Sperry Rand Corporation, mesin komputer ini merupakan komputer pertama yang sukses dikomersilkan pada awal-awal tahun 1950-an. Kemudian dikembangkan lagi jadi UNIVAC II dimana mesin komputer ini memiliki kapasitas memori yang lebih besar dibanding UNIVAC I. UNIVAC 1100 series merupakan seri UNIVAC paling sukses, yang didesign untuk aplikasi-aplikasi sains.

Komputer Masa Pasca-transistor
Pada tahun 1947 di lab Bell mulai mengembangkan transistor. IBM menggunakan transistor di dalam mesin komputernya. Transistor itu sendiri mampu menghasilkan kecepatan yang lebih baik, memori yang lebih besar, dan ukurannya yang lebih kecil. pemakaian transistor ini di mulai pada komputer generasi 2. Pada saat itu Bahasa pemrograman tingkat tinggi (FORTRAN) dipakai.




Komputer Generasi 3
Seiring waktu bergulir perkembangan mesin komputer mengalami kemajuan sampai pada Komputer generasi 3 dimana ditandai oleh adanya sirkuit yang terintegrasi. Pada saat itu Transistor dan sirkuit device yang lain sudah terpasang dalam satu chip saja. Produk-produk yang di produksi pada generasi ini diantaranya adalah IBM system 360, DEC PDP-8.

Microprocessor dan Nanoprocessor
Seiringnya waktu pengembagkan pada teknologi sangat maju, dimana Microprocessor pertama dikembangkan pada sebuah chip 4004 (Intel) yang di gunakan untuk sebuah kalkulator. Kemudian dikembangkan dengan cara mengadopsi teknologi ini dan mengaplikasikannya pada mesin-mesin komputer. Timbullah pertanyaan Bagaimana dengan abad ini? Di Era Nano Teknologi ini, processor yang semakin kecil ukurannya menjadi semakin powerfull dalam memproses instruksi-intruksinya. Pada abad ini banyak komputer yang sudah menggunakan teknologi Multi-core a.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar